Elemen Mesin Sambungan Susut



Sambungan susut merupakan sambungan dengan sistem suaian paksa (Interference fits, Shrink fits, Press fits) banyak digunakan di Industri dalam perancangan rakitan antar komponen pada mesin dan peralatan serta untuk tindakan perbaikan komponen berputar. Pemakaian sistem suaian paksa bertujuan untuk mentranfer torsi/daya dan menahan gaya aksial. 

Sambungan Susut, atau sambungan paksa dibuat untuk mengalihkan tegangan tarik akibat suhu, kelembaban, gesekan sehingga akan mencegah retak. Jika sambungan susut tidak dipasang, maka akan terjadi retak acak pada permukaan sambungan. Prinsip dari sambungan ini adalah dengan cara memperlemah salah satu bidang yang akan disambung. Sambungan ini dilakukan dengan menggunakan sifat logam yaitu dapat diperpanjang dan diperpendek (disusutkan) dengan jalan dipanaskan atau didinginkan.
Sambungan susut termasuk sambungan mati atau tidak dapat dilepas lagi tanpa menggunakan alat-alat khususnya, berbeda dengan sambungan-sambungan lainnya, maka sambungan susut tidak menggunakan tambahan benda seperti baut dan paku keling.
Bahan lengkap mengenai sambungan susut dapat download disini :  http://wp.me/a45oI-171

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toleransi Geometri (Geometric Tolerance)

Tiga Aplikasi Boros Data Internet

Panas Jenis dan Berat Jenis Udara